Monday, November 17, 2008

Definisi Murah dan Berkualitas

Saya baru saja berbincang dengan salah seorang kawan lama. Kawan yang sejak awal saya kenal sangat antusias manjalani bisnis. Bisnis apa saja. Herannya, kawan saya ini lebih banyak suksesnya daripada gagalnya. Kalau boleh diangkakan, 85% berhasil, 5% biasa aja, sisanya 10% gagal. Rental Mobil, Percetakan, Media, Minimarket, Ritel Hp, Laundry, sampai penyediaan TKI diurusin.

Kalimat sakti yang terlontar kalau ditanyakan kunci suksesnya adalah "Berdoa, Kerja keras, pantang menyerah, tidak mudah putus asa dan jujur". Saya jadi bertanya-tanya dalam hati, apakah teman saya tersebut tidak ingin berbagi kiat suksesnya kepada saya atau mungkin karena memang dia tidak dapat menjelaskan secara rinci apa saja yang dilakukannya dengan lebih baik selama ini, sehingga dia bisa lebih berhasil dari orang kebanyakan ? Karena kalau cuman itu saja modalnya, rasanya semua orang juga BISA ! Apa sih susahnya Berdoa, bekerja keras, Jujur dan tidak mudah menyerah, demi mencapai sebuah keberhasilan ?

Pada banyak seminar MOTIVASI pun kita sering dijejelin dengan kata-kata yang normatif, indah, menggugah namun sulit untuk direalisasikan.Mengapa? karena masih memerlukan inventarisasi dan pendalaman dari setiap kata agar menjadi sebuah atribut yang jelas dan nyata, sehingga dengan mudah dapat diwujudkan dalam sebuah tindakan.

Kita pun sering menyampaikan apa-apa yang menjadi dasar (syarat) kita dalam memilih sebuah produk. Jawaban yang paling umum (kalau boleh dikatakan sebagai jawaban sejuta ummat) adalah "berkualitas tinggi dan harganya murah...dong".

Ternyata kita (saya, teman saya dan mungkin anda) sama-sama tidak JELAS !!

Mumpung ada waktu, mari kita coba bersama-sama mendefinisikan kata Murah dan Berkualitas.

Kita mulai dari definisi "murah".
Murah tentusaja bukanlah sebuah nilai nominal. Karena harga sebuah produk (misalnya sebuah rumah di Menteng atau Pondok Indah) dapat dikatakan murah walaupun sebenarnya berharga Rp 1.000.000.000 (saya ingin menulis Rp 1 Milyar). Atau sebaliknya, sebuah produk dianggap "sangat tidak murah" padahal harganya hanya Rp 1000. Kita sering mendengar atau bahkan melontarkan pernyataan bahwa "murah atau mahal itu relatif".

Relatif terhadap apa ?

Lalu, bagaimana mendefinisikan keinginan konsumen terhadap harga murah ini ?Murah menurut konsumen adalah "harga sebuah produk lebih rendah dari harga yang berlaku dipasaran" atau "lebih rendah dari harga produk-produk yang sejenis dipasaran".

Jadi, berapapun harganya akan dikatakan murah atau sangat murah jika produk lain dijual dengan harga yang lebih tinggi. Kelihatannya sudah selesai, selama tidak diberi imbuhan lagi seperti Murahan atau Kemurahan karena keduanya berasosiasi negatif.

Definisi "Berkualitas".Sebuah Produk/Jasa dapat dikatakan berkualitas jika memenuhi standar minimal dari kebutuhan atau keinginan konsumen. Namun, setiap produk ataupun Jasa memiliki atribut-atribut sendiri jika ingin dikatakan berkualitas.

AIR MINERAL dapat disebut berkualitas tinggi jika : bersih, jernih, tidak mengandung bahan-berbahaya, menyehatkan, kemasannya aman, kemasannya menarik, dikelola dengan teknologi tinggi, diolah oleh orang-orang berpengalaman sehingga 100% aman dari human error, dan sebagainya.

KORAN dapat dikatakan berkualitas jika : informasinya akurat, no spellling error, isi sesuai dengan tagline dan terget marketnya, berimbang, tidak ikut-ikutan, beritanya terbaru, dikelola oleh orang-orang yang handal sehingga 100% aman dari kesalahan baik dalam informasinya maupun pendistribusiannya, beritanya lugas dan tidak ngolor ngidul, berisi dan tidak hampa, dan lain sebagainya.

Jika kedua produk tersebut saja sudah memiliki atribut kualitas yang berbeda, bagaimana dengan produk lainnya atau JASA ?

Nah, mulai saat ini jika ada pimpinan atau staf diperusahaan Anda yang mengatakan, kita harus bekerja keras dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan...... tanyakan, apa yang dimaksud dengan kerja keras dan pelayanan terbaik itu ?

Lengkapi pertanyaan Anda : apa kategori kerja keras dan memberikan pelayanan terbaik yang belum kami lakukan kepada pelanggan ?

Salam,
Sukardi Arifin

0 comments:

Bacaan Penting bagi Orang Penting

About This Blog

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP